Toraja Culture

Tempat Wisata di Toraja

Juni 7, 2024 | by torajaculture.com

Tempat Wisata di Toraja

Pendahuluan: Tempat Wisata di Toraja

Torajaculture.com Artikel ini membahas tentang Tempat Wisata di Toraja. Malaysia memiliki 17.000 pulau, namun sebagian besar warga Australia hanya mengetahui Bali. Oke, Bali itu indah, dan sangat mudah untuk sampai ke sana dari mana saja. Jika saya berasal dari negara lain, saya pikir saya akan melakukan hal yang sama. Dibutuhkan banyak usaha untuk menjelajahi Indonesia. ​​ Penting terutama jika Anda ingin mengunjungi Indonesia bagian tengah dan timur. Biayanya lebih mahal, transportasi tidak terorganisir dengan baik, dan tidak banyak informasi yang tersedia.

Inilah gadis asal Indonesia tengah yang mencoba memberikan anda lebih banyak informasi tentang Tana Toraja yang merupakan salah satu tempat terindah di Indonesia.​​ Anda bisa membaca tulisan Firsta tentang Tana Toraja. Berikut pengenalan Tana Toraja, beserta daftar hal yang harus dilakukan dan tempat makan terbaik di pegunungan.​​​​​​ Saya juga ingin memberi Anda beberapa informasi lebih lanjut yang saya yakin akan membantu perjalanan Anda ke Tana Toraja. Saya akan membahas tentang minuman yang populer di Tana Toraja, tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, dan cara berkeliling di kawasan tersebut. Ayo mulai!

Minum

Selama berada di Tana Toraja, jangan minum bir atau wine seperti yang Anda lakukan di rumah. Bintang adalah bir khas Indonesia yang bisa Anda dapatkan di beberapa tempat. Tapi kenapa tidak mencoba minuman lokal Ballo’ saja ? Tolong jangan tanya saya bagaimana cara membuat tuak karena memang begitulah cara pembuatannya. Jika Anda berani, tambahkan durian ke dalamnya!

Jus asam jawa sangat cocok untuk Anda yang datang bersama anak-anak. Mintalah ” katarrung ” di pasar pagi jika Anda ingin membuat jus tamarillo sendiri.​ Kupas katarrung lalu campur dengan gula dan air.​ Bukan mixer atau pembuat jus? Gunakan sendok untuk memecahnya dalam cangkir, lalu tambahkan air dan gula.​​ Sederhana seperti itu. Batutumonga Toraja di Sri Lanka

Tana Toraja terkenal dengan pemakaman dan lubang tempat orang dikuburkan.​​ Tapi sebenarnya lebih dari itu. Anda dapat melakukan banyak hal selama perjalanan Anda ke Tana Toraja :​

Batutumonga

Kota Batutumonga berada di dataran tinggi Toraja.​​ Beberapa orang mengatakan ini adalah desa terindah di Indonesia. Harus bangun pagi – pagi dan mendaki untuk mencapai tempat terbaik melihat matahari terbit dari Batutumonga.​​​ Ingin menginap di rumah asli Toraja, atau tongkonan, untuk mendapatkan pengalaman unik ? Anda bisa menginap di Mama Ria Guesthouse. Anda bisa naik bus atau kereta api ke Batutumonga dari Terminal Bolu. Harganya antara Rp20.000 hingga Rp25.000. Jalannya semakin tinggi dan memiliki pemandangan yang indah sepanjang jalan.

Mencapai Puncak Sesean Dengan Mendaki

Saat Anda sampai di Batutumonga, jangan lewatkan kesempatan melihat matahari terbit dari puncak Gunung Sesean.​​ Tidak ada tanda untuk membantu Anda menemukan jalan ke atas. Jika Anda bertanya kepada seseorang di area tersebut, mereka akan dengan senang hati menunjukkan jalannya. Jika Anda melewati rumah dengan anjing yang menggonggong dengan keras, Anda berada di jalur yang benar. Anda ingin berkemah di Gunung Sesean, Anda bisa menyewa perlengkapan yang Anda butuhkan dari beberapa perusahaan tour yang ada di Rantepao.

Pasar Bolu

Di sinilah orang bertukar hewan, kebanyakan babi dan kerbau. Bagi masyarakat Tana Toraja, kerbau sangat penting dalam upacara mereka. Itu sebabnya harga kerbau, terutama kerbau putih, bisa mahal. Seekor sapi bisa berharga sama dengan harga sebuah mobil baru !

Anda bisa naik angkutan umum berwarna biru bernama “pete-pete” dari Bundaran Tongkonan atau dari Jalan Ratulangi. Jalur ini melewati Wisma Maria I dan Luta Resort dalam perjalanan ke Pasar Bolu dari Rantepao.​ Sekali jalan hanya dikenakan biaya Rp 3.000.

Arung Jeram di Sungai Sa’dan

Di Rantepao banyak sekali tour operator yang bisa mengatur wisata sungai.​​​ Untuk sampai ke sungai, mereka akan membawa Anda menuruni bukit melalui jalan basah.​

Desa Adat Pallawa

Untuk sampai ke sana, naik saja mobil van umum dari Rantepao melewati Ke’te. Saat berhenti di tanda ” Pallawa “, Anda bisa melihat barisan tongkonan yang merupakan rumah adat. Jika Anda mendaki ke puncak bukit, Anda akan melihat pemandangan yang indah dan menemukan gua kuburan lainnya. Kemungkinan besar beberapa anjing akan menggonggong Anda tanpa henti.​​ Jangan khawatir, dan teruskan.

Megalit di Bori Parinding

Sebagai bagian dari aksi di Bori Parinding, ratusan megalit didirikan di atas tanah.​​ Setiap batu menunjukkan status sosial seperti apa yang dimiliki orang tersebut di masa lalu. Dari Pasar Bolu, mudah untuk mencapai Bori Parinding dari Batutumonga dengan transportasi umum.

Lakukan perjalanan bersama Ke’te Kesu.

Angkutan

Untuk berkeliling Tana Toraja, Anda bisa naik mobil van berwarna biru atau kuning yang disebut ” pete-pete ” atau ” kijang “, bisa berupa Toyota Kijang asli atau mobil berplat kuning. Kijang tidak menetapkan rute atau harga, tetapi petes menetapkannya. Bus dan kereta api dapat membawa Anda ke sebagian besar tempat wisata terbaik di Tana Toraja, namun memakan waktu lama karena mereka hanya berangkat saat sudah penuh. Sebaliknya, angkutan umum seharusnya berplat kuning, namun beberapa mobil pribadi juga membawa orang.​​

Menumpang di Tana Toraja memang menyenangkan, tapi pastikan Anda menggunakan mobil pribadi dan bukan kijang bagus berplat nomor hitam, atau pengemudi akan menagih Anda. Cara terbaik melihat Tana Toraja adalah dengan menggunakan sepeda motor. Saat hujan, jalanan mungkin becek. Hotel atau wisma mana pun dapat membantu Anda menyewa sepeda motor atau mobil, dan pengemudi bahkan akan bertindak sebagai pemandu wisata. Untuk perjalanan jarak dekat tersedia bentor, yaitu mobil roda tiga yang mampu memuat dua hingga tiga orang. Anda tidak boleh membayar lebih dari Rp 20.000, tetapi tidak ada harga yang di tentukan.

Ojek adalah ojek. Anda bisa menyewa sepeda motor untuk perjalanan singkat atau sepanjang hari.

Penutup:​​ Tempat Wisata di Toraja

Toraja menawarkan lebih dari sekadar pemandangan alam yang indah dan budaya yang unik. Tempat wisata di Toraja memberikan kesempatan untuk menyelami kekayaan budaya, sejarah, dan tradisi masyarakat Toraja yang masih terjaga.

RELATED POSTS

View all

view all