Toraja Culture

Makam Londa Tana Toraja​​

Mei 18, 2024 | by torajaculture.com

Makam Londa Tana Toraja

Pendahuluan: Makam Londa Tana Toraja

Torajaculture.com Tersembunyi di antara pegunungan yang hijau dan membentang di Tanah Toraja, Sulawesi Selatan, terdapat situs pemakaman kuno yang memikat sekaligus memicu rasa ingin tahu: Makam Londa. Berbeda dengan pemakaman pada umumnya, Makam Londa menyimpan keunikan dan tradisi tersendiri, menjadi jendela untuk melihat cara pandang masyarakat Toraja terhadap kematian dan kehidupan setelahnya. Mari kita telusuri lebih dalam tentang Makam Londa Tana Toraja. Kita akan menjelajahi sejarahnya yang panjang, tradisi penguburan yang unik, dan bagaimana Makam Londa menjadi bagian penting dari budaya dan kepercayaan masyarakat Toraja.

Makam Unik Tana Toraja

Masuk kubur sebenarnya sama saja dengan kematian dan hal menakutkan lainnya.​​​​ Namun berbeda jika Anda pergi ke makam di Tana Toraja.​​​ Karena saking menawannya, ekspresi merinding pun akan berubah menjadi ekspresi kaget.​ Anda tidak bisa mengatakan Anda pernah ke Tana Toraja tanpa pergi ke Londa. Selain itu, tempat wisata ini juga menjadi pilihan banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Wisata Londa Tana Toraja merupakan salah satu makam berbentuk goa khas Toraja.​​​​​​ Letaknya di atas bukit.​ Di dalam gua, Anda bisa melihat kepala, peti mati, dan tulang belulang yang sudah sangat tua. Begitu Anda masuk ke kawasan ini, Anda akan melihat deretan patung kayu yang disebut Tau Tau.​ Mereka menguburkan jenazah dan membuat patung yang disebut patung Tau. Anda akan menemukan Tau Tau di pintu masuk gua, seperti beranda yang menunggu untuk menyambut Anda. Sosok ini sesuai ukuran orang aslinya dan berpakaian sama seperti saat dia masih hidup.​​​​​​​​

Tidak semua orang yang meninggal berubah menjadi Tau Tau. Tau Tau hanya bangsawan yang dapat memilikinya dan prosesi pemakaman yang mengikuti aturan paling ketat. Mereka beranggapan semakin tinggi petinya maka semakin tinggi pula derajatnya, dan semakin cepat ruhnya sampai ke surga. Di jalan Londa Tana Toraja ini Anda akan melihat banyak sekali erong yaitu peti mati. Kayu yang menahan Erong ini pada tempatnya akan memungkinkan peti itu berada di dinding bukit.​​​​ Dalam pemakaman Toraja, pihak keluarga juga akan menaruh barang – barang miliknya orang yang meninggal di peti mati. Kemudian, untuk menjaga agar perhiasan tetap aman, mereka akan menumpuk peti-peti itu tinggi-tinggi.

Kesempatan Menjelajahi Isi Gowa

Anda bisa masuk ke dua lubang di Londa jika pergi ke sana. Beberapa situs menyebutkan bahwa kedua gua ini sebenarnya saling terhubung. Hanya saja untuk mencapainya susah karena harus setengah merangkak.​​​ Selain itu, gua ini panjangnya sekitar 1.000 meter. Romeo dan Juliet versi Tana Toraja adalah kisah cinta terkenal lainnya di Goa Londa. Tulang – tulang mereka kini saling berdekatan.

Karena jalan menuju Goa kecil, Anda akan sedikit menikung.​ Di dalam Goa sangat gelap, jadi Anda memerlukan cahaya untuk melihat sekeliling. Anda harus menyewa lampu untuk melihat – lihat gua karena tidak ada listrik. Layanan penyewaan lampu ini juga akan mengajak Anda berkeliling pada waktu yang bersamaan. Anda dan pemandu Anda dapat menyepakati berapa harga lampu ini.​ Maka Anda harus pandai membuat kesepakatan.

​Orang yang pergi ke Makam Londa Tana Toraja dan masuk ke dalam gua tidak boleh menyentuh atau mengambil apapun yang ada di dalam gua. Karena memindahkan tengkorak atau tulang di dalam gua memerlukan latihan dan cara khusus. Anda cukup mengambil gambar dan menontonnya langsung.

Tak hanya melihat tulang atau kepala saja, kamu juga bisa mempelajari hal – hal menarik lainnya. Masyarakat sekitar mengatakan hanya marga Tolengke saya saja yang boleh dimakamkan di Gua Londa. Penduduk yang tidak berada dalam garis marga harus berada di tempat lain pada waktu yang bersamaan. Karena itulah wisata Londa ini terkenal memiliki kuburan keluarga terbesar di Toraja Utara dan kuburan yang menggantung di langit-langit.​​

Akses Menuju lokasi Londa​​

Londa berada di Desa Sanggalangi, Toraja Utara, di Sandan Uai. Dari Rantepao Selatan, Anda harus berkendara sekitar 6 km untuk sampai ke tempat wisata unik ini. Anda juga harus membayar biaya pendaftaran mulai dari Rp.​​ 5 ribu baru bisa masuk. Pastikan juga anda mempunyai uang yang cukup untuk menyewa Petromax sebagai penerangan untuk berkeliling di tour Londa Tana Toraja ini.

​​​Tak hanya menikmati keunikan Londa yang sarat akan sejarah dan adat Toraja.​​ Sayang sekali jika Anda melewatkan pemandangan indah di sekitar Anda.​​ Lona berada di atas bukit yang banyak pepohonan dan udaranya sejuk. Pastinya mengunjungi tempat wisata yang satu ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa dan unik bagi Anda.

Tana Toraja sepertinya tidak pernah kehabisan hal berbeda dan unik untuk diberikan.​ Bagi banyak orang, menginjakkan kaki di Toraja bagaikan menikmati liburan impian.​​ Untuk memudahkan Anda, Anda bisa langsung saja untuk Pergi Travela Indonesia. 

Penutup: Makam Londa Tana Toraja

Menjelajahi Makam Londa Tana Toraja bagaikan memasuki dimensi budaya dan tradisi yang unik. Di balik keunikan tradisi penguburannya, terukir filosofi mendalam tentang kematian dan kehidupan setelahnya bagi masyarakat Toraja. Makam Londa menjadi pengingat akan kekayaan budaya Indonesia yang tak ternilai dan penting untuk dilestarikan.

RELATED POSTS

View all

view all